Medan, 29 Juli 2023 – SMAN 19 Medan melaksanakan upacara sekaligus pembukaan kegiatan Pramuka Reguler tahun ajaran 2023/2024 yang dibuka oleh Kamabigus Renata Nasution, S.Pd, M.Si. Untuk mewujudkan dan mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Pramuka yang menyatakan bahwa pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah bagi seluruh siswa.

Dalam sambutannya, Kamabigus SMAN 19 Medan menuturkan peserta didik SMAN 19 Medan harus dapat hidup mandiri, disiplin, cerdas dan yang paling penting tetap selalu ingat kepada Tuhan. Serta dengan kegiatan pramuka yang dilandasi tri satya dan dasa darma, kami berharap seluruh peserta didik SMAN 19 Medan dapat lebih baik lagi dalam meraih visi dalam hidup dimasa yang akan datang.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang suka berkarya. Pada Tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat. Pramuka Gugus Depan 02463-02464 Pangkalan SMAN 19 Medan menjadi pelaksana upacara pada pembukaan ini. Gerakan Pramuka memiliki prinsip dasar yakni iman, taqwa; peduli terhadap bangsa, sesama hidup, dan alam; dan taat pada kode kehormatan Pramuka.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *